Kamis, 09 Desember 2010

Selamat hari anti korupsi sedunia [09/12/2010] ; Penyakit korupsi, dari pejabat sampai mahasiswa

Hari ini adalah hari anti korupsi sedunia. Saya jadi ingat dengan sedikit ucapan Ustadz Abu Syauqi saat memberikan tausyiah pada Patlabor Camp 2008, "Antum semua tahu, kenapa Indonesia yang kaya dengan sumber daya melimpah penduduknya bisa banyak yang miskin? Karena di Indonesia sudah terlalu banyak orang jahat!!".

Rasanya penuturan Ustadz Abu tidak terlalu berlebihan. Dari jaman saya SD sampai sekarang, kasus korupsi kerap menjadi momok yang meresahkan rakyat. Tikus-tikus negara terkenal sangat licin dan bebas keluar masuk berbagai instansi bahkan badan penegak hukum. Uang gasakannya pun tidak tanggung-tanggung nominalnya, bisa sampai 13 digit coy!! Sebutlah contohnya buronan koruptor kelas kakap Eddy Tansil yang menggelapkan uang sebesar 565 juta dolar Amerika (sekitar 1,5 triliun rupiah dengan kurs saat itu) yang didapatnya melalui kredit Bank Bapindo melalui grup perusahaan Golden Key Group. Itu baru satu orang, belum yang lainnya.


Terkadang rasa gemas timbul jika melihat POLRI tidak berkutik terhadap makhluk yang satu ini. Beberapa rekan mahasiswa berinisiatif menyampaikan aspirasi di jalanan. Ada juga yang melalui tulisan-tulisan. Namun terkadang saya sendiri tertawa melihat tingkah polah mahasiswa ini. Di jalanan dan tulisan-tulisannya, mereka kerap berteriak 'Ganyang Koruptor', tapi berbeda dengan tingkahnya di dalam kelas perkuliahan. Yup, sebagai mahasiswa yang impresif, saya sangat mengetahui kehidupan mahasiswa di dalam kampus. Praktek korupsi di dalam kelas tidak sedikit terjadi bung. Dari mulai nitip absen sampai mencontek telah menjadi hal yang lumrah di kelas. Begitulah, tanpa disadari kita telah dimanjakan dengan kenikmatan korupsi, korupsi nilai, korupsi daftar presensi, dll.

Kalau ada Bang Arswendo Atmowiloto, mungkin sekarang dia bakal berteriak hahahahhahahahahahaha


untuk rekan-rekan mahasiswa yang kucintai, teguhlah dalam idealismemu secara utuh dan total

Bogor, 09 Desember 2010
Selamat hari anti korupsi sedunia!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar