Senin, 06 Desember 2010

Mencetak pemimpin jurnalis selanjutnya..!

seorang pemimpin yang baik adalah orang yang mampu menyiapkan pemimpin-pemimpin baru yang akan menggantikannya esok

Alhamdulillah, ga' kerasa sebentar lagi saya lengser dari posisi Kadept Kominfo Bindes KM. Agak sedih juga menanggalkan jabatan yang telah banyak memberi manfaat. Nama saya cukup mencuat setelah menyandang jabatan ini (hehehe..). Selain itu, jabatan ini memaksa saya untuk menempa karakter, meningkatkan skill, menjalin koneksi, bahkan membuat saya semakin cinta dengan Bindes (dengan si dia juga tentunya,, ehem.. ehem..)

Saya coba membuka-buka kembali folder Kominfo dalam laptop. Semua data masih komplit! Press Release jadul sejak masa pembekalan sampai kegiatan Village Health and Clean ada. Buletin dari edisi perdana pun masih ada. File-file desain sertifikat dan plakat tertata rapih dalam folder terpisah, jadi ga' ribet pas diminta Nissa (sang sekretaris umum yang paling rewel soal progress report). Sampai folder Majalah Suara Desa teranyar semua masih lengkap. Terkenang semua susah payah selama dua tahun bertugas.

Sejenak saya tertegun melihat buah tangan saya selama ini. Tampaknya saya melakukan kesalahan fatal sebagai seorang pimpinan. Ya, saya baru sadar bahwa hampir tidak ada desain dan tulisan yang dibuat anggota Kominfo yang lain..!!! Lalu siapa yang akan membuat buletin edisi selanjutnya, siapa yang akan mendesain baliho dan spanduk publikasi, siapa yang akan mendesain kaos dan sertifikat, siapa yang akan menulis dan mengedit Press Release, siapa yang akan menulis wacana dan opini di blog maupun di media massa........?

Itulah salah satu blunder yang lagi-lagi saya buat. Dulu saya pernah membuat kesalahan yang sama saat melepas amanah sebagai Kadept Syiar Media di DKM Nurul Khomsah. Meski demikian, kini saya tidak merasa terlambat. Masih ada waktu sampai tanggal 19 Desember 2010 untuk mencetak pemimpin jurnalis baru, pemimpin yang kelak akan dan harus menjadi lebih tangguh dari diriku. Dengan demikian, saya baru bisa lengser dengan terhormat.

Jamee, Irma, Tika, Kukuh, Dita, ayo kita belajar menulis dan mendesain....!!

Bogor, 06 Desember 2010
ditemani guyuran hujan senja pukul 15.59 pm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar